PROGRAM KERJA LAB IPA SMP
NEGERI 4 SUKASADA.TP 2019/2020
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur atas
asung IDA SANGHYANG WIDHI WASA, karena berkat karunia Ida lah penyusun dapat
menyelesaikan sebuah Program Kerja tahunan yang dapat digunakan sebagai acuan
dalam melaksanakan kegiatan KBM di Laboratorium IPA SMP NEGERI 4 SUKASADA.
Adapun Rencana Kerja Laboratorium
tahun ini akan lebih diarahkan pada peningkatan Tata Kelola dan penataan/Kebersihan lingkungan Lab IPA guna
memberikan pelayanan terhadap siswa pengguna Lab lainnya. Hal ini akan
memberikan sebuah motivasi siswa untuk belajar dalam pembuktian teori melalui
percobaan / demonstrasi untuk menjadi kenyataan. Selanjutnya untuk lebih
berkembangnya peran Laboratorium tak terlepas dari kerja sama dari berbagai
pihak seperti peran kepala sekolah,
wakil sarana/prasana dan guru-guru bidang studi yang terkait serta seluruh komunitas sekolah.
Demikianlah yang dapat penyusun
paparkan dan oleh karena itu dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan rasa
terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam menyusun program ini
terutama kepada :
- Kepala SMP Negeri 4 Sukasada.
- Wakil Urusan Kurikulum SMP Negeri 4 Sukasada.
- Wakil Urusan Sarana/Prasarana SMP Negeri 4 Sukasada
- Bapak dan Ibu staf Tenaga Kependidikan SMP Negeri 4 Sukasada
yang telah memberikan dorongan dan
semangat sehingga terlaksananya penyusunan Program Kerja ini,Penyusun menyadari
sepenuhnya di dalam penyusunan Program Kerja ini masih banyak kekurangan dan
kelemahan yang disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang
penyusun miliki. Oleh sebab itu kritik dan saran sangatlah penyusun harapkan,demi
kesempurnaan penyusunan Program Kerja Laboratorium ini. Akhirnya harapan penyusun,
semoga Program Kerja ini bermanfaat bagi pendidikan sains khususnya bagi
rekan-rekan guru jurusan IPA.
Panji Anom,, 15 Juli 2019
Ketua Lab IPA,
Gede
Sucita,S.Pd.Bio
NIP.196211111984111001
DAFTAR
ISI halaman
LEMBAR PENGESAHAN
……………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR
……………..…………………………………………………….. ii
DAFTAR ISI
…………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN
…………….…………………………………………………. 1
BAB II RENCANA KEGIATAN LABORATORIUM
FISIKA………………… ……… 2
A. Penataan Ruang Laboratorium
……………………………….. …………………….. 2
B. Penataan Alat dan Bahan
……………………………………………….……………... 3
C. Pengadministrasian Alat dan Bahan
……………………………………………………3
D. Pengadaan Alat dan Bahan
…………………………………………………..……….. 4
BAB IV PENUTUP
…………………………………………………………………. 9
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar
belakang.
SMP Negeri 4 Sukasada adalah sebuah
institusi pendidikan dalam pencapaian tujuannya sangat didukung oleh berbagai
komponen. Salah satunya adalah Laboratorium IPA . Lebih dari itu Laboratorium
IPA adalah hal yang sangat mendasar dalam terlaksananya suatu proses pendidikan
untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Laboratorium adalah tempat
pembelajaran sains IPA dengan cara mencari pengetahun tentang alam secara
sistematis melalui proses penemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian
pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan
sikap ilmiah siswa,yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Keberadaan Laboratorium IPA
juga perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan
yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMP Negeri 4 Sukasada.
Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan
dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat
keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian
Visi dan Misi SMP Negeri 4 Sukasada.
2. Dasar Pemikiran
a. Pasal 12 ayat (1) dan Pasal 30 UU
No 20 Tahun 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. Visi dan Misi serta Program Kerja
SMP Negeri 4 Sukasada.
c. Program Kerja
Laboratorium IPA SMP Negeri 4 Sukasada.
3.Tujuan :
a. Tujuan dari Program Kerja Pengelola Laboratorium ini
adalah sebagai guru yang diberi
tugas agar mengarah kepada guru yang Profesional dan diharapkan hasil
yang maksimal
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola
Laboratorium IPA untuk menjalankan tugasnya.
c.Sebagai bahan dasar pembuatan
laporan kepada Kepala Sekolah
d.Sebagai dasar pertimbangan
Evaluasi kerja pada Tahun Pelajaran selanjutnya.
BAB II
RENCANA KEGIATAN LABORATORIUM IPA SMP
A. Penataan Ruang Laboratorium
Denah Ruang Laboratorium IPA SMP
NEGERI 4 SUKASADA.
B. Penataan Alat dan Bahan
Penataan
alat dan bahan praktik IPA sangat bergantung kepada fasilitas yang
ada
di laboratorium dan kepentingan pemakai laboratorium. Fasilitas yang dimaksud
dalam
hal ini adalah adanya ruang penyimpanan khusus (gudang), ruang persiapan,
dan
tempat-tempat penyimpanan seperti lemari, , dan rak-rak.
Untuk
menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang perludikerjakan
terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sebagai berikut:
1.
Membersihkan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan
bahan
yang tersedia, misalnya lemari, laci, dan rak.
2.
Mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya, jumlahnya, sifat
fisiknya,
harganya, dan sebagainya.
3.
Mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata pelajaran (fisika,
kimia,
dan biologi) atau sesuai dengan katalog yang dirujuk.
C.
Pengadministrasian Alat dan Bahan
Untuk
memudahkan pengecekan, penggunaan, pemeliharaan, pengadaan, dan
terutama
pertanggungjawaban, semua fasilitas dan alat-alat/bahan di laboratorium
harus
diadministrasikan. Pengertian pengadministrasian disini adalah pencatatan
nama
alat/bahan, jumlahnya, ukurannya, mereknya, nomor kodenya, dan tempat penyimpanannya.Untuk
keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini diperlukan format atau
buku perangkat administrasi yang meliputi:
1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/peminjaman
alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang rusak
Buku lainnya yang dapat melengkapi perangkat
administrasi di atas antara lain:
1. Program semester kegiatan
laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium
D. Pengadaan Alat dan Bahan
Untuk melengkapi atau mengganti alat
dan bahan yang rusak, hilang, atau habis dipakai diperlukan pengadaan. Sebelum
pengusulan pengadaan alat dan bahan dipikirkan hal-hal berikut:
a. Percobaan apa yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan apa yang akan
dibeli (dengan spesifikasi jelas)
c. Apakah dana tersedia
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian
Prosedur pengadaan alat dan bahan
biasnya dimulai dengan penyusunan
daftar alat dan bahan yang akan
dibeli. Daftar pengusulan diperoleh dari usulan
masing-masing guru IPA yang
dikoordinasikan oleh penanggung jawab laboratorium.
Daftar alat dan bahan yang akan
dibeli dibuat berdasarkan program
semester/program kegiatan
laboratorium atau berdasarkan analisis LKS.
Daftar alat dan bahan yang dibeli
harus dilengkapi dengan spesifikasi alat dan
bahan, kemudian alat dan bahan
disusun berdasarkan prioritas, artinya tentukan alat
dan bahan yang terlebih dahulu yang
akan digunakan.
Daftar alat yang akan dibeli
dipisahkan dari daftar bahan. Setelah selesai penyusunan daftar alat/bahan,
daftar ini diserahkan oleh penanggung jawab laboratorium kepada kepala sekolah.
E. Tata tertib Laboratorium IPA.
1. Siswa tidak dibenarkan masuk
kedalam Lab tanpa izin Guru .
2. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu( jika ruangan habis di PEL
BASAH .)
3. Siswa masuk Laboratorium tidak
dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat
yang sudah ditentukan sesuai kelompok kerja.
5. Alat dan bahan yang digunakan
sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak
siswa segera melaporkan kepada guru PRAKTIKUM
7. Jika terjadi kecelakaan dalam
Praktikum segera melaporkan kepada guru praktikum.
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan
Alat/bahan ketempat semula dalam
keadan bersih.
9. Laboraratorium harus dalam
keadaan bersih setelah selesai kegiatan praktikum
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian
siswa, siswa atau kelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi
sangsi /dikeluarkan dari Laboratorium.
CATATAN: Jam-jam yang bertabrakan diadakan penyesuaian dengan materi
yang
dipraktikumkan
atau Demonstrasi
BAB III
ORGANISASI LABORATORIUM IPA SMP
Organisasi laboratorium IPA
adalah suatu sistem kerja sama dari kelompok
orang, barang, atau unit tertentu
tentang laboratorium IPA, untuk mencapai tujuan.
Mengorganisasikan
laboratorium IPA berarti menyusun sekelompok orang atau
petugas dan sumberdaya yang lain
untuk melaksanakan suatu rencana ata program
guna mencapai tujuan yang telah
ditetapkan dengan cara yang paling berdaya guna
terhadap laboratorium IPA.
Orang-orang atau petugas yang
terlibat langsung dalam organisasi laboratorium IPA, adalah sebagai
berikut:
1. Kepala
Sekolah
Tugas Kepala Sekolah
:
a. Memberi tugas kepada penangung
jawab teknis laboratorium IPA,,penanggung jawab mata pelajaran IPA dan laboran( Jika memiliki)
b. Memberikan bimbingan, motivasi, pemantauan, dan evaluasi
kepada petugas petugas laboratorium IPA
c. Memberikan motivasi kepada
guru-guru IPA dalam hal kegiatan laboratorium IPA
d. Menyediakan dana keperluan
operasional laboratorium
- Kepala
laboratorium
Tugas Kepala laboratorium:
a. Bertanggung jawab atas
kelengkapan administrasi laboratorium
b. Bertanggung jawab atas kelancaran
kegiatan laboratorium IPA
c. Mengusulkan kepada kepala sekolah
tentang pengadaan alat/bahan laboratorium
d. Bertanggung jawab tentang
kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan
perbaikan alat. Mengkoordinasikan
guru mata pelajaran IPA
e. Perencanaan pengadaan alat
dan bahan laboratorium
f. Menyusun jadwal dan tata tertib
penggunaan laboratorium
g. Mengatur penyimpanan dan daftar
alat-alat laboratorium
h. Memelihara dan perbaikan
alat-alat laboratorium
i. Inventarisasi dan
pengadministrasian peminjaman alat-alat laboratorium
j. Menyusun laporan pelaksanaan
kegiaan laboratorium
3. Laboran
Tugas laboran adalah:
a. Mengerjakan administrasi
laboratorium IPA
b. Mempersiapkan dan menyiapkan
alat/bahan yang digunakan dalam praktek belajar mengajar (PBM)
c. Bertanggung jawab atas kebersihan
alat dan ruang laboratorium beserta perlengkapannya
Struktur Organisasi Laboratorium IPA
Kepala
Sekolah
Wakasek
Ur. Kurikulum
Wakasek
Sarana dan Prasarana
Kepala
Laboratorium
Guru
Mata Pelajaran IPA
Peserta
didik
BAB IV
PENUTUP
- Kesimpulan
Pelaksanaan program kerja
Laboratorium SMP Negeri 4 Sukasada ini diharapkan menjadi solusi dalam
menyiasati besarnya tanggung jawab yang diemban oleh mata pelajaran IPA di
sekolah. Dengan adanya pelaksanaan program kerja inisebagai agenda rutin di SMP
Negeri 4 Sukasada, diharapkan nilai-nilai sains yang telah dipelajari oleh
siswa tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan
atau hapalan tetapi hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan
sehari-hari.
- Saran
Laboratorium IPA sebagai sarana
sumber belajar yang nyata untuk siswa belajar perlu dipelihara kebersihan dan
kenyamanannya. Untuk itu laboratorium IPAtidak hanya dikelola oleh Kepala
laboratorium IPA saja tetapi diperlukan juga seorang laboran yang siap setiap
saat membantu guru IPA menyelenggarakan praktikum di laboratorium.
Dengan keterbatasan tenaga dan
waktu, kepala laboratorium juga sangat
memerlukan tenga kebersihan yang
rutin untuk membersihkan ruang laboratorium,sehingga ruangan selalu dalam
keadaan bersih dan siap pakai.
Demikian kiranya saran yang dapat
diberikan kepada pihak sekolah untuk ditindaklanjuti.
Terima kasih!
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4
Sukasada
PUTU ASTABAWA,S.Pd.M.Pd
NIP.
197202121998021009
|
Panji Anom, 15 Juli 2019
Kepala LAB IPA
GEDE SUCITA,
S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411
1001
|
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP NEGERI 4 SUKASADA
PEMERINTAH KABUPATEN
Alamat : Jl.
Dusun Pancoran, Desa Panji Anom, Telp. 081338655622
TATA TERTIB LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 4
SUKASADA
1.
Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru .
2. Siswa masuk Laboratorium tidak
dibenarkan memakai sepatu.
3. Siswa masuk Laboratorium tidak
dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan
sesuai kelompok kerja.
5. Alat dan bahan yang digunakan
sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak
siswa segera melaporkan kepada guru pem bimbing.
7. Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan
kepada guru pembimbing.
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan
Alat/bahan ketempat semula dalam
keadan bersih.
9. Laboraratorium harus dalam
keadaan bersih setelah selesai kegiatan
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian
siswa, siswa atau kelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi
sangsi /dikeluarkan dari Laboratorium.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4
Sukasada
PUTU ASTABAWA,S.Pd.M.Pd
NIP.
197202121998021009
|
Panji Anom, 15 Juli 2019
Kepala LAB IPA
GEDE SUCITA,
S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411
1001
|
0 comments:
Posting Komentar