Jumat, 10 April 2020

CONTOH PROGRAM KERJA LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 4 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020


PROGRAM KERJA LAB IPA SMP NEGERI 4 SUKASADA.TP 2019/2020

KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur atas asung IDA SANGHYANG WIDHI WASA, karena berkat karunia Ida lah penyusun dapat menyelesaikan sebuah Program Kerja tahunan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan KBM di Laboratorium IPA SMP NEGERI 4 SUKASADA.
Adapun Rencana Kerja Laboratorium tahun ini akan lebih diarahkan pada peningkatan Tata Kelola dan penataan/Kebersihan lingkungan Lab IPA guna memberikan pelayanan terhadap siswa pengguna Lab lainnya. Hal ini akan memberikan sebuah motivasi siswa untuk belajar dalam pembuktian teori melalui percobaan / demonstrasi untuk menjadi kenyataan. Selanjutnya untuk lebih berkembangnya peran Laboratorium tak terlepas dari kerja sama dari berbagai pihak seperti peran kepala sekolah, wakil sarana/prasana dan guru-guru bidang studi yang terkait serta seluruh komunitas sekolah.
Demikianlah yang dapat penyusun paparkan dan oleh karena itu dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam menyusun program ini terutama kepada :
  1. Kepala SMP Negeri 4 Sukasada.
  2. Wakil Urusan Kurikulum SMP Negeri 4 Sukasada.
  3. Wakil Urusan Sarana/Prasarana SMP Negeri 4 Sukasada
  4. Bapak dan Ibu staf Tenaga Kependidikan  SMP Negeri 4 Sukasada
yang telah memberikan dorongan dan semangat sehingga terlaksananya penyusunan Program Kerja ini,Penyusun menyadari sepenuhnya di dalam penyusunan Program Kerja ini masih banyak kekurangan dan kelemahan yang disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang penyusun miliki. Oleh sebab itu kritik dan saran sangatlah penyusun harapkan,demi kesempurnaan penyusunan Program Kerja Laboratorium ini. Akhirnya harapan penyusun, semoga Program Kerja ini bermanfaat bagi pendidikan sains khususnya bagi rekan-rekan guru jurusan IPA.

                                                                                             Panji Anom,,  15 Juli 2019
                                                                                             Ketua Lab IPA,
                                                                                             Gede Sucita,S.Pd.Bio
                                                                                             NIP.196211111984111001


DAFTAR ISI        halaman
LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR ……………..……………………………………………………..  ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN …………….…………………………………………………. 1
BAB II RENCANA KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA………………… ……… 2
A. Penataan Ruang Laboratorium ………………………………..   …………………….. 2
B. Penataan Alat dan Bahan ……………………………………………….……………... 3
C. Pengadministrasian Alat dan Bahan ……………………………………………………3
D. Pengadaan Alat dan Bahan …………………………………………………..………..  4



 BAB III ORGANISASI LABORATORIUM IPA……………………………………….    6
BAB IV PENUTUP       ………………………………………………………………….   9


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar belakang.
SMP Negeri 4 Sukasada adalah sebuah institusi pendidikan dalam pencapaian tujuannya sangat didukung oleh berbagai komponen. Salah satunya adalah Laboratorium IPA . Lebih dari itu Laboratorium IPA adalah hal yang sangat mendasar dalam terlaksananya suatu proses pendidikan untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Laboratorium adalah tempat pembelajaran sains IPA dengan cara mencari pengetahun tentang alam secara sistematis melalui proses penemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa,yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Keberadaan Laboratorium IPA juga perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMP Negeri 4 Sukasada. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMP Negeri 4 Sukasada.
2. Dasar Pemikiran
a. Pasal 12 ayat (1) dan Pasal 30 UU No 20 Tahun 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. Visi dan Misi serta Program Kerja SMP Negeri 4 Sukasada.
c. Program Kerja Laboratorium IPA SMP Negeri 4 Sukasada.

3.Tujuan :
a. Tujuan dari Program Kerja Pengelola Laboratorium ini adalah sebagai guru yang diberi tugas  agar  mengarah kepada guru yang Profesional dan diharapkan hasil yang maksimal
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola Laboratorium IPA untuk menjalankan tugasnya.
c.Sebagai bahan dasar pembuatan laporan kepada Kepala Sekolah
d.Sebagai dasar pertimbangan Evaluasi kerja pada Tahun Pelajaran selanjutnya.


BAB II

RENCANA KEGIATAN LABORATORIUM IPA SMP

A. Penataan Ruang Laboratorium
Denah Ruang Laboratorium IPA SMP NEGERI 4 SUKASADA.
B. Penataan Alat dan Bahan
Penataan alat dan bahan praktik IPA sangat bergantung kepada fasilitas yang
ada di laboratorium dan kepentingan pemakai laboratorium. Fasilitas yang dimaksud
dalam hal ini adalah adanya ruang penyimpanan khusus (gudang), ruang persiapan,
dan tempat-tempat penyimpanan seperti lemari, , dan rak-rak.
Untuk menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang perludikerjakan terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sebagai berikut:
1. Membersihkan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan
bahan yang tersedia, misalnya lemari, laci, dan rak.
2. Mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya, jumlahnya, sifat
fisiknya, harganya, dan sebagainya.
3. Mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata pelajaran (fisika,
kimia, dan biologi) atau sesuai dengan katalog yang dirujuk.
C. Pengadministrasian Alat dan Bahan
Untuk memudahkan pengecekan, penggunaan, pemeliharaan, pengadaan, dan
terutama pertanggungjawaban, semua fasilitas dan alat-alat/bahan di laboratorium
harus diadministrasikan. Pengertian pengadministrasian disini adalah pencatatan
nama alat/bahan, jumlahnya, ukurannya, mereknya, nomor kodenya, dan tempat penyimpanannya.Untuk keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini diperlukan format atau buku perangkat administrasi yang meliputi:


1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/peminjaman alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang rusak
Buku lainnya yang dapat melengkapi perangkat administrasi di atas antara lain:
1. Program semester kegiatan laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium
D. Pengadaan Alat dan Bahan
Untuk melengkapi atau mengganti alat dan bahan yang rusak, hilang, atau habis dipakai diperlukan pengadaan. Sebelum pengusulan pengadaan alat dan bahan dipikirkan hal-hal berikut:
a. Percobaan apa yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan apa yang akan dibeli (dengan spesifikasi jelas)
c. Apakah dana tersedia
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian
Prosedur pengadaan alat dan bahan biasnya dimulai dengan penyusunan
daftar alat dan bahan yang akan dibeli. Daftar pengusulan diperoleh dari usulan
masing-masing guru IPA yang dikoordinasikan oleh penanggung jawab laboratorium.
Daftar alat dan bahan yang akan dibeli dibuat berdasarkan program
semester/program kegiatan laboratorium atau berdasarkan analisis LKS.
Daftar alat dan bahan yang dibeli harus dilengkapi dengan spesifikasi alat dan
bahan, kemudian alat dan bahan disusun berdasarkan prioritas, artinya tentukan alat
dan bahan yang terlebih dahulu yang akan digunakan.
Daftar alat yang akan dibeli dipisahkan dari daftar bahan. Setelah selesai penyusunan daftar alat/bahan, daftar ini diserahkan oleh penanggung jawab laboratorium kepada kepala sekolah.
E. Tata tertib Laboratorium IPA.
1. Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru .
2. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu( jika ruangan habis di PEL BASAH .)
3. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan sesuai kelompok kerja.
5. Alat dan bahan yang digunakan sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak siswa segera melaporkan kepada guru PRAKTIKUM
7. Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan kepada guru praktikum.
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan Alat/bahan ketempat semula    dalam keadan bersih.
9. Laboraratorium harus dalam keadaan bersih setelah selesai kegiatan praktikum
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian siswa, siswa atau kelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi sangsi /dikeluarkan dari Laboratorium.
CATATAN: Jam-jam yang bertabrakan diadakan penyesuaian dengan materi yang
                     dipraktikumkan atau Demonstrasi


BAB III
ORGANISASI LABORATORIUM IPA SMP
Organisasi laboratorium IPA  adalah suatu sistem kerja sama dari kelompok
orang, barang, atau unit tertentu tentang laboratorium IPA, untuk mencapai tujuan.
Mengorganisasikan laboratorium IPA berarti menyusun sekelompok orang atau
petugas dan sumberdaya yang lain untuk melaksanakan suatu rencana ata program
guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara yang paling berdaya guna
terhadap laboratorium IPA.
Orang-orang atau petugas yang terlibat langsung dalam organisasi laboratorium IPA,  adalah sebagai berikut:
1.      Kepala Sekolah
Tugas Kepala Sekolah :
a. Memberi tugas kepada penangung jawab teknis laboratorium IPA,,penanggung jawab mata pelajaran  IPA dan laboran( Jika memiliki)
b. Memberikan bimbingan, motivasi, pemantauan, dan evaluasi kepada petugas petugas   laboratorium IPA
c. Memberikan motivasi kepada guru-guru IPA dalam hal kegiatan laboratorium IPA
d. Menyediakan dana keperluan operasional laboratorium
  1. Kepala laboratorium
Tugas Kepala laboratorium:
a. Bertanggung jawab atas kelengkapan administrasi laboratorium
b. Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium IPA
c. Mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat/bahan laboratorium
d. Bertanggung jawab tentang kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan
perbaikan alat. Mengkoordinasikan guru mata pelajaran IPA
e.  Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
f. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
g. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
h. Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
i. Inventarisasi dan pengadministrasian peminjaman alat-alat laboratorium
j. Menyusun laporan pelaksanaan kegiaan laboratorium
3. Laboran
Tugas laboran adalah:
a. Mengerjakan administrasi laboratorium IPA
b. Mempersiapkan dan menyiapkan alat/bahan yang digunakan dalam praktek belajar mengajar (PBM)
c. Bertanggung jawab atas kebersihan alat dan ruang laboratorium beserta perlengkapannya






Struktur Organisasi Laboratorium IPA


Kepala Sekolah

Wakasek Ur. Kurikulum

Wakasek Sarana dan Prasarana

Kepala Laboratorium

Guru Mata Pelajaran IPA



Peserta didik




























 





                                      
                                                            BAB IV
                                                           PENUTUP
  1. Kesimpulan
Pelaksanaan program kerja Laboratorium SMP Negeri 4 Sukasada ini diharapkan menjadi solusi dalam menyiasati besarnya tanggung jawab yang diemban oleh mata pelajaran IPA di sekolah. Dengan adanya pelaksanaan program kerja inisebagai agenda rutin di SMP Negeri 4 Sukasada, diharapkan nilai-nilai sains yang telah dipelajari oleh siswa tidak hanya sekedar menjadi  pengetahuan atau hapalan tetapi hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan sehari-hari.
  1. Saran
Laboratorium IPA sebagai sarana sumber belajar yang nyata untuk siswa belajar perlu dipelihara kebersihan dan kenyamanannya. Untuk itu laboratorium IPAtidak hanya dikelola oleh Kepala laboratorium IPA saja tetapi diperlukan juga seorang laboran yang siap setiap saat membantu guru IPA menyelenggarakan praktikum di laboratorium.
Dengan keterbatasan tenaga dan waktu, kepala  laboratorium juga sangat
memerlukan tenga kebersihan yang rutin untuk membersihkan ruang laboratorium,sehingga ruangan selalu dalam keadaan bersih dan siap pakai.
Demikian kiranya saran yang dapat diberikan kepada pihak sekolah untuk ditindaklanjuti.
                       Terima kasih!


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada

PUTU ASTABAWA,S.Pd.M.Pd
NIP. 197202121998021009

Panji Anom,   15 Juli 2019
Kepala LAB  IPA

GEDE SUCITA, S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411 1001



 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP NEGERI 4 SUKASADA
PEMERINTAH KABUPATEN
Alamat : Jl. Dusun Pancoran, Desa Panji Anom, Telp. 081338655622
               TATA TERTIB LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 4 SUKASADA
 1. Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru .
2. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu.
3. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan sesuai kelompok kerja.
5. Alat dan bahan yang digunakan sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak siswa segera melaporkan kepada guru pem bimbing.
7. Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan kepada guru  pembimbing.
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan Alat/bahan ketempat semula    dalam keadan bersih.
9. Laboraratorium harus dalam keadaan bersih setelah selesai kegiatan
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian siswa, siswa atau kelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi sangsi /dikeluarkan dari Laboratorium.


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada

PUTU ASTABAWA,S.Pd.M.Pd
NIP. 197202121998021009

Panji Anom, 15 Juli      2019
Kepala LAB  IPA

GEDE SUCITA, S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411 1001













0 comments:

Posting Komentar